10 Kunci Agar Rajin Berolahraga

Jujur saja, sebagian besar dari kita nyaris tak pernah berolahraga. Ada banyak alasan kenapa itu terjadi. Bisa jadi, karena kita tak menganggap olahraga sebagai bagian penting dari kesehatan, atau karena malas. Nah, bagaimana memotivasi diri kita agar rajin berolahraga, simak kiat berikut:1. TAHU KEUNTUNGAN OLAHRAGA
Kita akan lebih termotivasi melakukan sesuatu jika tahu keuntungannya. Semakin banyak kita mendapat keuntungan, semakin besar pula motivasi kita. Contohnya, jika saya katakan Anda akan diberi uang Rp 1 juta untuk berjalan kaki selama 30 menit, saya yakin Anda pasti akan melakukannya.
2. SUSUN DAFTAR ALASAN
Ambil kertas dan pena, catat setiap alasan yang Anda pikir dapat membuat Anda lebih sehat lewat olahraga teratur. Bisa jadi, Anda akan menemukan puluhan alasan. Misalnya, baju-baju yang tadinya tidak muat bisa dipakai lagi, hidup lebih sehat sehingga dapat menikmati waktu bersama anak-anak dan suami, merasa lebih pede di depan publik, tidak sesak napas saat naik tangga, dan sebagainya. Nah, daftar ini dapat Anda baca kembali saat motivasi berolahraga Anda menurun.
3. AJAKLAH TEMAN
Statistik menunjukkan, berolahraga dengan teman akan membuat kita konsisten berolahraga. Bersama teman, Anda bisa saling mengingatkan jika motivasi menurun. Selain itu, mengetahui bahwa seseorang sedang menunggu Anda untuk berolahraga bersama juga dapat menjadi motivasi besar.
4. LAKUKAN DENGAN SERIUS
Pepatah mengatakan, jika Anda sungguh-sungguh ingin melakukan olahraga, maka lakukan dengan serius. Orang yang berolahraga 6 hingga 7 hari dalam seminggu di pagi hari akan lebih sukses melakukan olahraga secara konsisten daripada yang melakukan 2 atau 3 hari seminggu, meski hanya dilakukan 30 menit setiap hari.
5. IKUTI KOMPETISI
Kompetisi akan menjadi motivasi melakukan olahraga secara teratur. Banyak orang yang akhirnya menjadi mesin olahraga gara-gara ingin mengikuti kompetesi seperti ini. Ingat, jangan meremehkan diri Anda. Anda pasti bisa, kok!
6. BERI HADIAH PADA DIRI SENDIRI
Seorang ibu muda selalu menaruh uang Rp 10 ribu di celengannya setiap kali ia berolahraga. Dia memberi kebebasan pada dirinya untuk membelanjakan uang ini pada setiap bulan untuk sesuatu yang telah diidamkannya. Dan ternyata, dia mengaku bisa mendapat beberapa ratus ribu per bulannya!
7. BIKIN TARGET
Catat waktu berolahraga Anda (menit) setiap harinya. Catat jumlah totalnya selama sebulan, setahun. Hitung rata-rata waktu berolahraga per harinya. Canangkan target yang tinggi.
8. BUAT OLAHRAGA YANG MENYENANGKAN
Jika Anda berniat joging, kenapa tak membawa CD player seraya joging? Atau jika Anda penggemar olahraga di dalam ruangan, atur kembali penataan TV, sehingga Anda dapat menonton sambil berolahraga. Namun, bisa juga sebaliknya, Anda mungkin lebih suka suasana yang damai dan nyaman. Intinya, lakukan apa pun yang dapat membuat olahraga Anda lebih menyenangkan. Semakin Anda menikmati, semakin konsisten pula Anda berolahraga.
9. PILIH SEPATU YANG TEPAT
Sepatu yang tepat akan mengurangi kemungkinan cedera. Kecelakaan serius akan mengganggu motivasi berolahraga. Sering terjadi, seseorang memakai sepatu yang terlalu sempit, sehingga ia tak nyaman saat berolahraga, selain juga bisa membuat dirinya celaka.
10. BERI PUJIAN
Ini akan membuat Anda menjadi sangat termotivasi. Jadi, segeralah lihat hasilnya!

0 komentar:

Posting Komentar

Model Artis Terseksi

Cewek Cantik Hot

Solusi Soal CINTA

Wanita Idola

Postingan Populer